Registry Windows

Posted: 01 Juli 2009 in Registry
Tag:, ,

Debii datang kembali (sok imut[mode : on])…

Kali ini saya akan membahas REGISTRY. Ngerti nggak Registry ? [nggakkk,…..] . OK, setelah saya mencari di mbah google saya lumayan mengerti apa itu registry, menurut sebagian user registry merupakan jantungnya windows, mengapa? Karena di registry ini merupakan tempat windows menyimpan konfigurasinya. Kamu bisa buka re

Registry mempunyai system struktur yang rumit. Jika dilihat, struktur pada regedit semua system saling berkaitan dan berhubungan. Struktur registry berbentuk explorer yang bertujuan agar para user dapat mengoperasikannya dengan mudah.

Setiap root paling atas atau utama dinyatakan dengan icon folder dalam Registry Editor atau disebut Hive. Setiap Hive berisi Key di dalam terdapat SubKey dan juga Value. Value berisi informasi – informasi yang disimpan dalam Registry.

Registry terdiri dari 5 Cabang utama :

  1. HKEY_CURRENT_USER => Cabang ini merupakan link ke bagian HKEY_USERS. Digunakan untuk menyimpan konfigurasi untuk user yang sedang aktif.
  2. HKEY_LOCAL_MACHINE => Cabang ini berisi semua informasi komputer mengenai tipe hardware, software, dan preferences yang lain. Digunakan untuk menyimpan konfigurasi untuk user yang sedang aktif berlaku untuk semua user.
  3. HKEY_CLASSES_ROOT => Cabang ini berisi semua tipe – tipe file, informasi OLE dan shortcut data. Digunakan untuk mengatur asosiasi ekstensi file.
  4. HKEY_USERS => Cabang ini berisi preferences individu untuk setiap user komputer, merupakan gabungan dari semua HKEY_CURRENT_USER
  5. HKEY_CURRENT_CONFIG => Cabang ini merupakan link ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE yang sesuai dengan konfigurasi hardware yang sedang digunakan.

regedit

Type data yang ada pada Registry :

  1. REG_SZ => String standar, digunakan untuk merepresentasikan nilai text yang dapat dibaca oleh manusia.
  2. REG_DWORD => Merepresentasikan data dengan format 4byte angka dan biasa digunakan untuk nilai boolean, contohnya “0” sebagai disable dan “1” sebagai enable.
  3. REG_BINARY => Menyimpan nilai dalam bentuk raw binary data. Kebanyakan informasi komponen h/w disimpan dalam bentuk data biner, dan dapat ditampilkan pada editor dalam format hexadecimal.
  4. REG_EXPAND_SZ => String yang dapat diperluas, yaitu string yang berisi variabel yang dapat digantikan ketika dipanggil oleh aplikasi.
  5. REG_MULTI_SZ => Multiple string yang digunakan untuk merepresentasikan nilai yang berisi list/daftar atau nilai kelipatan (multiple value), tiap masukan dipisahkan oleh karakter NULL.

Semoga dapat membantu…
[Jangan lupa comment]

« trick to motivate

Komentar
  1. okeeman mengatakan:

    oke deb mathur suwun tapi bkale bru downlod bsok… hr ni lagi lemot… thx berat!!!

  2. an mengatakan:

    Registry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s